Selasa, 16 Maret 2010

Nanti Celaka, Lho..!?

Ayat Bacaan : I Timotius 1:3-6

"Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua. Latihlah dirimu beribadah." (1 Timotius 4:7).

Waktu kehilangan janin saya beberapa bulan yang lalu, hal itu membuat beberapa orang mulai memberi wejangan bla bla bla. Sebagian masuk akal dan saya terima, tapi sebagiannya membuat kepala saya puyeng.

Katanya, kalau nanti hamil lagi, jangan potong rambut saat hamil, jangan memutar posisi barang apapun yang ada di rumah atau memindahkannya, cari hari baik untuk membeli barang-barang keperluan bayi, letakkan gunting dan bawang putih di bawah bantal, dan sebagainya. Katanya kalau saya mengabaikan semua itu maka nanti celaka.

Sebagai orang percaya di dalam Tuhan Yesus, kita tidak harus percaya dengan semua takhayul yang tidak masuk akal itu. Ada orang percaya dan membuat ia takut, hal itu pula yang terjadi kepadanya. Kalau selama saran dan wejangan itu bicara soal makanan dan menjaga kesehatan, yah tidak masalah.

Tapi jika sudah berbicara tentang 'mengusir' roh jahat saat hamil dengan cara yang tidak benar, maka lupakanlah! Bawang putih, gunting dan Alkitab di bawah bantal tidak punya kuasa untuk mengusir setan.

Iman dan pengharapan di dalam Tuhan yang dapat mengusir setan karena hanya kekuatan-Nya yang mampu melakukannya.

Takhayul atau mitos boleh saja ada di sekeliling kita. Satu hal yang harus kita lakukan adalah tetap berdiri di atas kebenaran firman Tuhan. Jangan pernah menuhankan atau mendewakan mitos apapun. Jangan menomersatukan takhayul dan mengabaikan kebenaran firman.

Hidup kita bisa terjamin karena Tuhan Yesus, bukan karena takhayul atau mitos. Tidak ada satu pun yang dapat mencelakakan kita jika kita tetap berlindung di bawah naungan kasih Tuhan. Itu dijamin!!

Doa : Tuhan, aku hanya percaya kepada-Mu, dan itu tidak akan berubah.

Sumber : Renungan Bulanan Wanita.

But they that wait upon the Lord shall renew their strength; they shall mount up with wings as eagles; they shall run, and not be weary; and they shall walk, and not faint. (Isaiah 40:31)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar