Minggu, 28 Maret 2010

Cukupkan Diri

"Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah. Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh kedalam pencobaan, ke dalam jerat dan kedalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan."

1 Timotius 6:8-9

Firman Tuhan di atas mengingatkan akan berbagai kejahatan yang terjadi disekitar kita. Coba saudara simak berita dan informasi dari berbagai media, mengapa terjadi kejahatan?

Karena ingin kaya, orang korupsi, mencuri, membunuh, saling menjebak dan mencelakai sesama. Orang begelut dengan kejahatan apa saja, karena ingin hidup lebih. Tidak mau hidup dengan mencukupkan diri apa adanya.

Sebagai orang percaya, tentu kita berbeda dalam cara memandang sesuatu, termasuk untuk bertahan hidup. Kita tidak lagi mengejar kekayaan untuk memuaskan nafsu keduniawian, tetapi bagaimana kita menjadi berkat dan saksi dengan apa adanya kita.

Kalau kita diberkati bukan berarti berkat itu kita pakai atau manfaatkan untuk kepentingan duniawi, tetapi justru bagaimana Tuhan dipermuliakan dengan berkat tersebut. Orang percaya tidak dilarang untuk kaya, tetapi yang dilarang adalah mendapatkan kekayaan dengan cara melakukan kejahatan.

Rasul Paulus, begitu tegas menekankan supaya orang percaya hidup dengan mencukupkan diri apa adanya, agar tidak terjebak dalam penyimpangan- penyimpangan iman. Kita tidak bisa memaksakan hidup kita agar kaya, dengan melupakan rambu-rambu yang Tuhan pasang. Malahan rambu-rambu itu yang harus menjadi awas bagi kita.

Anak Tuhan harus ingat bahwa kekayaan, kemasyuran, dan kejayaan adalah kepunyaan Tuhan, dan Tuhan berdaulat memberikan itu kepada anak-anak-Nya. Itu sebabnya jikalau kita memaksakan diri mengejar kemasyuran, kekayaan dan kejayaan tentu akan terjadi distorsi dari apa yang kita yakini mengenai janji-Nya.

Untuk itu cukupkanlah diri kita dengan apa adanya, dengan berkat yang Tuhan berikan, agar kita terhindar dari keinginan-keinginan yang dunia tawarkan supaya tidak terjerumus dalam pencobaan.

Amin. Tuhan Yesus memberkati..


But they that wait upon the Lord shall renew their strength; they shall mount up with wings as eagles; they shall run, and not be weary; and they shall walk, and not faint. (Isaiah 40:31)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar