Minggu, 21 Maret 2010

Mabok, Bu...!?

Ayat Bacaan : Amsal 21:9

"Tetapi hindarilah persoalan yang dicari-cari dan yang bodoh, persoalan silsilah, percekcokan dan pertengkaran mengenai hukum Taurat, karena semua itu tidak berguna dan sia-sia belaka."
(Titus 3:9).

Suatu kali mobil saya ditabrak oleh seorang anak SMA ketika mobil saya sedang parkir. Karena mobil saya masih punya asuransi, saya santai saja dan tidak mau ribut. Saya hanya meminta anak tersebut membayar administrasi asuransi saja.

Lalu ia menelpon papanya. Ternyata, keadaan jadi makin kacau. Papanya menelpon saya dan ngomel-ngomel. Tidak lama kemudian papanya datang dan justru mengeluarkan ribuan kalimat bla bla bla dan hanya mau membayar setengah dari biaya administrasi.

Hebatnya, ia malah nyebut-nyebut polisi sekedar mengancam saya. Ini bapak pasti mabok dan mau cari masalah. Saya emosi, tapi saya tidak bisa secerewet dia, saya pergi dan meninggalkan bapak tersebut dan meminta suami saya untuk berurusan dengannya.

Ada banyak orang yang suka mencari masalah di saat masalah itu tidak ada dan tidak seharusnya menjadi masalah. Seperti seorang wanita yang selalu saja bertanya apakah suaminya selingkuh.

Suaminya jujur berkata bahwa istrinya tahu persis dia kemana dan tidak pernah kemana-mana tanpa dia. Ia setia. Tetapi entah karena kebanyakan nonton sinetron ia terus curiga tanpa alasan jika suaminya akan selingkuh. Suaminya gerah dan malah bertengkar setiap hari untuk masalah yang seharusnya tidak ada.

Kita setiap hari berdoa agar Tuhan menjauhkan kita dari masalah meskipun masalah itu akan terus ada. Namun Tuhan pasti tahu kapasitas kita untuk berhadapan dengan berbagai masalah.

Tetapi jika kita sendiri yang mencari-cari masalah itu dan membuat hidup kita sendiri repot, lha... Masak Tuhan lagi yang disalahkan?! Jangan mabok, kalau tidak ada masalah yah bersyukur, jangan mencari-cari masalah.

Doa : Bapa, jadikan aku menjadi wanita yang bijak, yang tidak mau mencari-cari masalah.

Sumber : Renungan Bulanan Wanita.

But they that wait upon the Lord shall renew their strength; they shall mount up with wings as eagles; they shall run, and not be weary; and they shall walk, and not faint. (Isaiah 40:31)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar