Selasa, 23 Maret 2010

Hebat Apanya...!?

Ayat Bacaan : I Samuel 2:22-25

"Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu." (Amsal 22:6).

Seorang ibu bercerita bagaimana hebatnya anaknya yang masih berusia 8 tahun namun bisa memainkan banyak alat musik, selain itu ia juga pintar di sekolah. Putrinya bisa memainkan piano, biola dan gitar. Ia juga jago berbahasa Inggris, matematika dan beberapa pelajaran lainnya.

Tentu saja ibunya bangga. Awalnya saya kagum karena putrinya itu serba bisa dan pintar. Namun rasa kagum saya berubah menjadi kekuatiran jika anak itu besar nanti. Karena ibunya selalu membanggakan dia di hadapan banyak orang, anak berusia 8 tahun ini sangat sombong.

Ia merendahkan teman-temannya yang tidak bisa memainkan alat musik atau yang mendapat nilai di sekolah yang tidak sebagus nilainya.

Bahasa khas anak tersebut kepada orang lain atau pembantunya adalah, "Dasar bodoh!", "Otak kamu kurang!" dan "Nggak level!" Ibunya melihat dan mendengar bagaimana putrinya merendahkan dan melecehkan orang lain, namun ia selalu berkata, "Putriku hebat!"

Apanya yang hebat jika karakter seseorang sangat buruk. Saya kenal seorang anak muda yang sangat kaya dan cantik, namun karakternya membuat saya jijik. Saya melihat sendiri bagaimana ia merendahkan semua karyawan dan pembantu dengan sebutan 'goblok miskin'.

Dengan saya sendiri ia selalu menceritakan bahwa ia adalah anak konglomerat terkaya di sebuah kota kecil dan 90 hingga 120 hari dalam setahun ia habiskan di luar negeri. Bagi saya, anak ini tidak ada hebat-hebatnya. Ternyata setelah mengenal ibunya, karakternya sama saja.

Didiklah anak-anak kita atau orang-orang muda di sekeliling kita untuk menjadi 'orang hebat' di mata Tuhan dengan gaya hidupnya yang benar.

Doa : Bapa, ajar aku untuk bisa menjadi panutan dan mengajarkan yang benar kepada anak-anakku.

Sumber : Renungan Bulanan Wanita.

But they that wait upon the Lord shall renew their strength; they shall mount up with wings as eagles; they shall run, and not be weary; and they shall walk, and not faint. (Isaiah 40:31)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar