Minggu, 28 Maret 2010

Menyebalkan

Ayat Bacaan : I Petrus 4:7-11

"Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa." (1 Petrus 4:8).

Suatu hari saya melihat sebuah tayangan yang cukup menarik. Dikisahkan ada seorang ayah yang begitu sayang pada putri tunggalnya. Posisinya sebagai single-parent sejak istrinya meninggal dunia membuatnya begitu over protective.

Semula hal ini tidak jadi masalah. Tapi ketika anaknya mulai menginjak usia dewasa dan mulai bekerja, mulai ada masalah. Banyak kesalah-pahaman yang terjadi. Perhatian yang terlalu berlebihan membuat si ayah bertingkah menyebalkan sampai akhirnya putrinya dipecat.

Melihat putrinya menangis, si ayah tidak tahan dan akhirnya menemui bos putrinya, berlutut memohon agar anaknya tidak dipecat. Saat si bos hendak memanggil satpam untuk membawa keluar si ayah, anak bos datang mencegahnya.

Ia mempertanyakan dimana hati nurani ayahnya, ia bahkan memuji perbuatan ayah pegawainya itu. Ia tidak pernah melihat ayahnya meluangkan banyak waktu untuknya. Apalagi berlutut memohon sesuatu pada orang lain untuknya.

Pernakah Anda bertemu bahkan mungkin hidup serumah dengan orang yang menurut Anda menyebalkan? Tentunya sulit sekali. Tapi dari cerita di atas kita bisa belajar satu hal, bahwa seseorang yang mungkin menurut kita menyebalkan belum tentu menyebalkan buat orang lain juga.

Si putri muak dengan perhatian ayahnya yang menurutnya berlebihan, tapi justru anak si bos mengagumi hal itu karena ia tidak pernah mendapatkan perhatian seperti itu.

Mari belajar menerima orang lain apa adanya dan mengasihi dengan sungguh-sungguh. Mungkin sulit, tapi percayalah pasti ada sisi baik dari seseorang di balik semua hal menyebalkan yang kita lihat seperti yang dikatakan rasul Petrus dalam bacaan kita hari ini;

Kasihilah sesama kita dengan sungguh-sungguh sebab kasih menutupi banyak dosa.

Doa : Tuhan, ajar aku melihat orang lain seperti cara pandang-Mu, agar aku bisa melihat kebaikannya dan bukan keburukannya.

Sumber : Renungan Bulanan Wanita.

But they that wait upon the Lord shall renew their strength; they shall mount up with wings as eagles; they shall run, and not be weary; and they shall walk, and not faint. (Isaiah 40:31)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar