Minggu, 28 Maret 2010

Berapa Harganya, Bu...!?

Ayat Bacaan : I Samuel 15:16-30

"Keangkuhan merendahkan orang, tetapi orang yang rendah hati, menerima pujian." (Amsal 29:23).

Sepasang suami isteri mendapatkan undangan dari sekolah anaknya untuk menghadiri acara sosial di sebuah panti asuhan. Putri mereka yang masih berusia 5 tahun sangat senang ketika mereka bersama-sama akan membantu membersihkan panti asuhan dan membawa makanan dan peralatan sekolah untuk anak-anak panti tersebut.

Sesampainya di panti asuhan, para guru meminta para orang tua murid untuk membantu anak-anak mereka menyapu halaman panti. Mereka masing-masing diberikan sapu lidi dan serokan. Namun sang isteri ternyata ogah memegang serokan dan sapu lidi,

"Pa. Mama emoh kerja beginian. Merendahkan harga diri Mama aja. Di rumah kita aja pembantu yang kerja," katanya kepada sang suami.

Sang suami berusaha mengajak isterinya untuk memberikan contoh yang baik bagi putri mereka. Namun sang isteri ngotot tidak mau bahkan ia membuat sang suami malu di depan banyak murid dan guru ketika ia berteriak minta pulang.

Tiba-tiba putrinya berkata, "Pa, Mama gak mau kerja yah? Harga diri Mama emang berapa jumlahnya?" tanya putrinya dengan polos. Ibu tersebut mempermalukan dirinya sendiri di depan puluhan anak berusia 5 tahunan dan di depan belasan guru.

Apakah dengan membantu anak-anak yatim membersihkan halaman panti menurunkan harga dirinya? Bukannya justru semua orang akan bangga dan memujinya jika ia mau berbuat baik dan membantu orang lain, khususnya anak-anak yatim yang tidak seberuntung ia dan putrinya.

Jangan membuat Tuhan malu dengan menolak melakukan kebaikan demi harga diri. Menurut Anda, berapa tinggikah harga diri kita sehingga melakukan kebaikan saja kita tidak pantas.

Apakah harga diri kita lebih tinggi dari harga Yesus yang mau dihina, difitnah, disiksa dan menjadi kutuk di atas kayu salib?

Doa : Tuhan, ajar aku untuk mau merendahkan hati.

Sumber : Renungan Bulanan Wanita.

But they that wait upon the Lord shall renew their strength; they shall mount up with wings as eagles; they shall run, and not be weary; and they shall walk, and not faint. (Isaiah 40:31)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar