Kamis, 01 April 2010

Cukuplah

Ayat Bacaan : Kisah 5:1-11

"Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau."" (Ibrani 13:5).

Seorang ibu bertanya kepada saya, "Apa suami kamu ngga mau buka usaha sendiri supaya duitnya lebih banyak?" Saya menjawab bahwa kami jalani saja dulu pekerjaan yang Tuhan percayakan kepada kami saat ini. Saya bekerja sendiri dan suami saya kerja di perusahaan orang lain.

Jika Tuhan mengijinkan kami bisa buka usaha sendiri, yah bagus. Tapi ibu ini ngomong ini dan itu seakan-akan saya harus mencari uang banyak. Saya tahu bahwa ia adalah anak orang kaya dan suaminya orang kaya. Rumah besar, mobil mewah dan uang banyak semua ia miliki.

Tetapi saya berkata kepadanya, "Cie, saya bersyukur sudah punya rumah, punya mobil dan bisa makan. Tuhan nanti mau kasih lebih, yah puji Tuhan. Sekarang saya sudah punya lebih dari pada cukup koq."

Entah apa yang ada dalam pikiran ibu ini sehingga uang menjadi segalanya baginya. Bahkan ia mengajak saya untuk berburu mutiara, sedangkan saya sendiri tidak suka mutiara, tidak mengerti dan sama sekali buta tentang mutiara.

Apalagi ketika ia bercerita tentang mutiara miliknya yang seharga 3juta. Mungkin gaya hidupnya yang seperti inilah yang membuat ia menjadikan uang sebagai segalanya dan 'ngotot' memperkaya diri.

Menjadi kaya itu tidak dosa, tapi jangan memperhambakan diri. Jangan sampai kita bekerja untuk uang, tetapi uang bekerja untuk kita. Mencukupkan diri dengan apa yang kita miliki adalah bentuk rasa syukur kita kepada Tuhan untuk berkat yang ia berikan.

Kalau memang ada tuntutan penting untuk kebutuhan kita, maka tidak salah jika kita bekerja untuk mendapatkannya namun jangan sampai uang menjadi prioritas hidup kita meskipun kita membutuhkan uang.

Doa : Ajar aku untuk bersyukur dan mencukupkan diri dengan berkat yang telah Engkau berikan kepadaku ya, Tuhan.

Sumber : Renungan Bulanan Wanita.

But they that wait upon the Lord shall renew their strength; they shall mount up with wings as eagles; they shall run, and not be weary; and they shall walk, and not faint. (Isaiah 40:31)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar