Rabu, 28 April 2010

Bukan Karena Hujan

Karena hujan ada sebagian orang yang mempersiapkan diri agar tidak datang terlambat ke kantor, tapi ada sebagian lainnya yakin bahwa kalau hujan semua orang pasti datang terlambat seperti dirinya. Seorang pegawai datang dalam keadaan basah, sepanjang ruangan yang dilaluinya ia ngomel-ngomel dan bersungut karena hujan turun di pagi hari. Ia mengeluhkan jalanan becek dan macet dan ia beranggapan pastilah banyak pegawai yang datang terlambat hari ini. Saat ia memasuki ruang kerja utama, ia tercengang melihat sebagian besar  karyawan sudah melakukan aktivitasnya. Ia heran dan bertanya pada salah satu teman

"Saya kira akan banyak dari kita yang datang terlambat?" Sambil tersenyum rekan itu menjawab

,"Masa-masa ini sering turun hujan, kami datang lebih awal untuk mengantisipasi kemungkinan jalanan macet karena banjir. Sehingga kami tidak datang terlambat." 

Seringkali kita menyalahkan keadaan atas situasi atau kondisi. Karena hujan maka bisa dijadikan alasan untuk datang terlambat. Dalam pikiran kita sering menganggap orang lain juga sama seperti kita, datang terlambat karena hujan. Tapi dalam kenyataan, orang bijaksana tahu kapan ia berangkat kerja lebih awal untuk mengantisipasi keadaan.

Orang bijaksana tahu membaca situasi sehingga walaupun hujan tak akan menghalangi aktivitasnya.  Banyak hal yang terhilang karena kita terlambat. Tidak dapat memanfaatkan waktu dengan baik. Kita kehilangan banyak kesempatan.

Jangan biarkan keadaan mempengaruhi dan mengontrol hidup kita, sebaiknya pakailah setiap keadaan sebagai kesempatan untuk menjadi lebih baik lagi. Jika kita terus menyalahkan keadaan, maka kita akan rugi dan ketinggalan jauh dibelakang.

Keadaan bukanlah alasan untuk melakukan kesalahan, jadikanlah keadaan sebagai kesempatan.

" Lakukanlah sesuatu dengan tidak bersungut-sungut dan berbantah-bantahan. "

( Filipi 2 : 14 )


But they that wait upon the Lord shall renew their strength; they shall mount up with wings as eagles; they shall run, and not be weary; and they shall walk, and not faint. (Isaiah 40:31)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar