Selasa, 23 Februari 2010

Kuatkan Mereka

Ayat Bacaan : Yesaya 35:3-10.

"Kuatkanlah tangan yang lemah lesu dan teguhkanlah lutut yang goyah." (Yesaya 35:3).

Heather Whitestone McCallum, menderita cacat pendengaran sejak berumur 18 bulan. Para dokter mengatakan bahwa ia takkan mencapai kecerdasan lebih daripada anak kelas 3 SD.

Namun, ibunya menolak untuk memperlakukan dia sebagai anak yang cacat dan tidak berdaya. Ibu ini percaya bahwa putrinya memiliki kemampuan bertumbuh dan berhasil.

Heather pun tumbuh menjadi seorang yang beriman kepada Tuhan dan percaya diri. Bahkan pada tahun 1995, ia berhasil menjadi miss America. Kehidupannya menjadi berkat dan inspirasi bagi banyak orang.

Kita dapat membentuk orang lain melalui cara kita memperlakukannya. Bagi Anda para orang tua, tentu memberi perhatian, perlindungan, dan perawatan terbaik adalah satu hal yang akan kita usahakan bagi anak-anak kita.

Namun, ketika mereka mulai beranjak dewasa, tentu kita tidak dapat memperlakukannya seperti ketika mereka masih kecil. Ada orang tua yang memperlakukan anaknya secara overprotektif sehingga anak tersebut justru tidak dapat berkembang dan kehilangan kepercayaan diri.

Tidak heran jika kita sering menjumpai ada orang-orang yang secara fisik dan usia sudah dewasa tapi pemikiran sikapnya masih kekanak-kanakan.

Sama halnya dengan cara kita memperlakukan orang-orang yang tampak 'lemah' di sekitar kita. Sering kali kita merasa terlalu iba dan kasihan sehingga kita menjadi salah dalam bersikap.

Bukannya memberi semangat atau menguatkan agar ia menjadi orang yang kuat dan mandiri, kita justru 'melumpuhkan' mereka dengan membuat mereka terus bergantung kepada kita.

Akibatnya, mereka pun tidak bisa belajar cara mengatasi kesulitan hidup karena terus bergantung pada pertolongan kita.

Apakah saat ini Anda memiliki adik atau anak rohani? Sadari bahwa perlakuan kita terhadap mereka memberi pengaruh kuat dalam membentuk karakternya.

Sikapi mereka dengan benar. Tumbuhkan kepercayaan diri mereka, beri mereka semangat dan keyakinan agar mereka dapat berkembang menjadi pribadi yang dewasa dan bertumbuh di dalam Tuhan.

Kata-kata Bijak : Kita membentuk seseorang dengan cara kita memperlakukannya.

Sumber : Renungan Harian Spirit.

But they that wait upon the Lord shall renew their strength; they shall mount up with wings as eagles; they shall run, and not be weary; and they shall walk, and not faint. (Isaiah 40:31)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar