Kamis, 18 Februari 2010

Berbagi

"Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikitpun tidak ada faedahnya bagiku." (1 Korintus 13:3).

Bu Harum mengumpulkan pakaian bekas miliknya, anggota keluarganya bahkan dari saudara-saudaranya yang lain untuk dibagikan ke panti asuhan maupun panti jompo. Hal ini sudah dilakukannya selama bertahun-tahun, juga pada tahun ini.

Tak heran jika nama Bu Harum sangat harum di kalangan pengurus panti asuhan maupun panti jompo. Bu Harum dikenal dermawan karena suka berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan.

Hidung Bu Harum sering kembang kempis mendengar segala puja puji yang masuk telinganya.

Ya, siapa juga sih yang gak senang dipuji? Dan, apakah pujian untuk Bu Harum salah? Oh, gak sama sekali.
Bu Harum kan memang sudah berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan.

Tetapi, yang sedikit menjadi ganjalan, Bu Harum berbagi dengan saudara-saudara di panti asuhan maupun panti jompo bukan karena Bu Harum memiliki hati yang penuh belas kasihan sehingga ia mau berbagi.

Sebaliknya, Bu Harum hanya ingin tampil sebagai dermawan yang budiman. Tentu saja apa yang dilakukan Bu Harum tidak ada artinya sama sekali.

Kita memang bisa memberi atau berbagi, tapi belum tentu kita melakukannya dengan kasih. Sebaliknya, jika hati kita dipenuhi dengan kasih, maka dapat dipastikan kita akan mudah untuk memberi atau berbagi.

Firman Tuhan mengatakan tidak ada gunanya kita berbuat baik namun kita tidak memiliki kasih.

Apa yang kita lakukan -- meski tampaknya sangat luar biasa -- toh firman Tuhan menyebutnya sebagai hal yang tidak ada manfaatnya sama sekali bagi kita sendiri. Mungkin saja kita terima pujian. Mungkin saja kita puas menerima pujian itu. Tetapi, Tuhan tidak memperhitungkan hal tersebut sebagai kebenaran dalam hidup kita.

Jika kita ingin berbagi, mulailah dengan kasih. Maka kita akan mendapatkan kepuasan maksimal dalam melakukan banyak hal, termasuk berbagi.

Doa : Tuhan, aku ingin belajar memberi dengan kasih-Mu sehingga aku tak lagi ragu...

Sumber : Renungan Bulanan Wanita.

But they that wait upon the Lord shall renew their strength; they shall mount up with wings as eagles; they shall run, and not be weary; and they shall walk, and not faint. (Isaiah 40:31)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar