Rabu, 24 Februari 2010

Buat Keputusan

Ayat Bacaan : Yosua 24:14-24.

"Lalu Elia mendekati seluruh rakyat itu dan berkata: "Berapa lama lagi kamu berlaku timpang dan bercabang hati? Kalau TUHAN itu Allah, ikutilah Dia, dan kalau Baal, ikutilah dia." Tetapi rakyat itu tidak menjawabnya sepatah katapun." (1 Raja-raja 18:21).

Sejak kecil kami sudah membiasakan anak-anak untuk belajar menentukan pilihan sendiri. Namun kami tetap akan menjelaskan resikonya kepada mereka, baik buruknya dan mereka harus bisa menjelaskan alasan pilihan mereka.

Mungkin itu sebabnya setiap orang yang bertemu mereka pertama kali akan berkata, "Umur berapa sih anaknya, kok tegas sekali jawabannya." Seperti ketika tante dan omnya menggoda si kecil Axel, mereka bertanya,

"Axel ini ganteng apa lucu?", maka ia akan menjawab, "Ganteng.."

Tantenya bilang lagi, "Lucu aja ya?", ia jawab lagi, "Ganteng aja ya?" Omnya menggoda lagi, "Lucu aja, wis." Sekali lagi ia menjawab, "Ganteng aja wis."

Benar-benar narsis ya? Tapi setidaknya ia tidak bimbang, yang penting ia sudah memutuskan jawabannya.

Dalam hidup ini ada banyak hal yang harus kita putuskan. Mulai bangun tidur kita sudah memutuskan apa yang akan kita buat hari ini. Memulai dengan doa atau langsung sarapan. Makan nasi atau roti? Dan masih banyak lagi sampai malam menjelang.

Jika kita salah memutuskan, maka hal itu akan menimbulkan masalah. Sama halnya dengan ketika kita harus membuat keputusan atas iman kita. Hanya ada 2 pilihan, Tuhan Yesus atau yang lainnya?

Jangan bimbang. Yosua menantang bangsa Israel untuk memutuskan pada siapa mereka akan beribadah. Tuhan atau allah lain? Tapi ia dan seisi rumahnya memilih Tuhan.

Jangan bercabang hati. Jika kita sudah menaruh kepercayaan kita pada Tuhan, kita tidak membutuhkan nasehat peramal atau menaruh jimat di depan rumah atau toko untuk meminta rejeki, mengusir roh jahat, meminta jodoh, anak atau yang lainnya.

Mari buat keputusan yang benar, tentukan pilihan kita sekarang juga.

Doa : Tuhan aku mau memilih hanya pada-Mu saja aku percaya. Ajar aku bertanggung jawab atas pilihanku ini..

Sumber : Renungan Bulanan Wanita.

But they that wait upon the Lord shall renew their strength; they shall mount up with wings as eagles; they shall run, and not be weary; and they shall walk, and not faint. (Isaiah 40:31)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar