Senin, 29 November 2010

Naaman

2 Raja raja 5 : 1 - 5a

Naaman, bahasa aslinya adalah Na`emen yang artinya : sesuatu yg menyenangkan, sesuatu yang menimbulkan kesukaan.

Ayat : 1

Profile Naaman : orang kesayangan raja, adalah berkedudukan karena seorang jendral perang yang selalu menang. Naaman adalah orang yang punya kemampuan, punya reputasi, orang sukses, tetapi sakit kusta. Orang serba. "wah...." Menjadi kandas dan terpuruk karena penyakit.

Ayat 2 :

Gadis kecil yang tidak ada apa apanya : dia tidak punya nama, tawanan perang / budak, cuma anak anak dan perempuan.

Ayat 3 :

Si budak yang sering kita pikir tidak bisa apa apa, ternyata ketika diberi kesempatan, mampu mengatakan sesuatu yang amat berharga.

Naaman sang jendralpun menunjukkan kebesarannya dengan memberi kesempatan kepada kepada si budak untuk berbicara. Alhasil? Sibudak perempuan kecil itu bisa melakukan sesuatu yg akhirnya membawa dan keselamatan bagi tuannya. Karena penyakit, naaman mengatakan : "Ah, habislah sudah! Tamat! Tidak ada harapan!.

Si budak kecil berkata dengan yakinnya/iman : "tidak! Masih ada harapan, ada nabi Tuhan di Samaria."

Kalau budak kecil itu bisa melakukan sesuatu karena imannya, dan karena tidak ingin melihat tuannya celaka, maka seharusnya tidak ada dari kita yang boleh mengatakan :"Ah... Saya bisa apa? Saya tidak bisa apa apa!"

Yesus sendiri pernah berkata :" sesungguhnya sekirannya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja, kamu dapat berkata kepada gunung ini : pindah dari tempat ini dan ia akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagi Dia."

Arti iman adalah mempercayakan diri.

Dengan iman kita melayani, artinya : bukan dengan mengandalkan diri melainkan dengan mengandalkan pertolongan Tuhan, bukan nutuk kepentingan sendiri melainkan untuk kepentingan Tuhan.

Kita di panggil bukan untuk melakukan pekerjaan besar seperti memnidahkan gunung/mengeringkan samudra, melainkan untuk pelayanan berskala kecil. Itu cukup! Seperti si budak kecil memberitahukan kepeda tuannya ada nabi Allah di Samaria.

♡ ◦°˚G☺d♡BlĪµ§§ U◦°˚♡

But they that wait upon the Lord shall renew their strength; they shall mount up with wings as eagles; they shall run, and not be weary; and they shall walk, and not faint. (Isaiah 40:31)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar