Rabu, 29 September 2010

Awet Muda

Banyak iklan di koran, majalah, radio, televisi maupun media lain yang menawarkan produk-produk untuk awet muda. Dalam ayat bacaan hari ini juga diungkapkan rahasia agar tetap awet muda, yaitu jika seseorang dapat hidup mencukupkan diri di dalam segala keadaan.

Orang cepat menjadi tua disebabkan karena tidak dapat menerima keberadaan hidupnya, sehingga menjadi stres, kecewa, sakit hati dan hidup tertekan serta kehilangan damai sejahtera. Jadi, kondisi hati sangat menentukan orang cepat tua atau sebaliknya tetap awet muda.

Hidup berbahagia bukanlah hidup tanpa masalah. Tetapi hidup yang selalu mau belajar mencukupkan diri dengan apa adanya. Hidup seperti ini membuat kita lebih bersemangat dan dapat bersyukur selalu kepada Tuhan. Jika kita pelajari dalam Alkitab ada beberapa pelajaran penting mengapa kita harus belajar mencukupkan diri dalam segala perkara yaitu:

1. Karena cinta akan uang adalah akar dari segala kejahatan (I Timotius 6:6-10) dengan lain kata jika kita tidak belajar mencukupkan diri maka kita dapat melakukan tindakan yang keliru dan jahat di mata Tuhan. Karena itu cukupkanlah diri dengan apa yang ada niscaya kita dapat bersyukur dan dapat menikmati hidup ini dengan bersukacita.

2. Karena apa yang ada di dalam dunia ini tidak dapat menyelamatkan kita, sebab hanya bersifat sementara saja (Matius 16 : 26). Utamakanlah perkara yang bersifat kekal yaitu keselamatan. Orang yang dapat mencukupkan diri dengan apa yang ada, sesungguhnya adalah seorang yang selalu menantikan berkat-berkat yang bersifat kekal dengan ucapan syukur dan sukacita.

3. Karena seseorang yang mencukupkan diri dalam segala perkara akan mempercayakan hidup sepenuhnya kepada Tuhan (Ibrani 13 :5-6). Ia selalu merasakan kehadiran dan penyertaan Tuhan dalam hidupnya, hatinya selalu melimpah dengan sukacita dan wajahnya berseri-seri.

4. Karena orang yang tidak mencukupkan diri dengan apa yang ada akan menjadi orang yang serakah (Efesus 5:5). Seorang yang serakah tidak mempunyai tempat di kerajaan Allah. Jika mereka berdoa dengan tujuan hanya untuk memuaskan hawa nafsunya, maka doa demikian tentu tidak layak di hadapan Tuhan (Yakobus 4:3).

Belajarlah untuk selalu mencukupkan diri dalam segala perkara dengan apa yang ada. Karena seorang yang dapat mencukupkan diri pasti menyadari bahwa Tuhan selalu menyertai dan membuat segala sesuatu indah pada waktunya.

♡ ◦°˚G☺d♡BlĪµ§§ U◦°˚♡

But they that wait upon the Lord shall renew their strength; they shall mount up with wings as eagles; they shall run, and not be weary; and they shall walk, and not faint. (Isaiah 40:31)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar