Minggu, 29 Agustus 2010

Tentang Pengampunan

Kita hidup di dalam dunia penuh dengan kebencian dan kepahitan. Maka penting sekali untuk bisa mengampuni dan diampuni. Jika tidak bisa mengampuni, terutama orang yang menyakiti kita, ada empat hal yang akan kita dapatkan:

Pertama, membuat luka tetap berada di dalam hati Anda. Anda akan selalu terpenjara di masa lalu, tinggal dalam kesalahan yang telah terjadi. Anda menjadi pemarah, dan semakin lama Anda marah akan menghisap semua sukacita. Pengampunan membebaskan Anda dari luka masa lampau.

Kedua, membuat orang sangat pahit. Semakin lama tidak mengampuni semakin pahit diri Anda. Anda akan menjadi orang yang tidak enak dilihat, didengar dan dirasa. Perkataan Anda kasar, gampang marah, selalu jengkel, dan lain-lain.

Kepahitan juga bisa mengurangi kesehatan Anda. Setiap kali memiliki kelenjar adrenalin di dalam ginjal. Setiap kali kita marah, suatu hormon dikeluarkan oleh kelenjar ginjal kita. Kalau kita sering marah, kelenjar adrenalin akan terus memompa dan tidak istirahat. Hal itu bisa meningkatkan tekanan darah dan memberi kita serangan jantung. Dokter menyatakan bahwa orang yang suka marah mudah terkena serangan jantung.

Ketiga, bisa membuka pintu bagi iblis. Kepahitan akan dipakai iblis untuk merampas sukacita kita. Hal itu membuat kita tidak bisa menangani konflik dan keluarga kita hancur. Keempat, tidak mengampuni akan menghalangi hubungan Anda dengan Tuhan (Mat 6:14-15).

Salib Tuhan Yesus adalah pesan dari kasih dan pengampunan. Garis vertikal menyatakan bahwa kita perlu diampuni Tuhan. Sedangkan garis horisontal menyatakan bahwa kita perlu saling mengampuni satu sama lain. Yesus naik ke atas salib supaya Anda dapat diampuni dan dipenuhi oleh kasih-Nya. Ketika Anda penuh dengan kasih Allah, Anda akan lebih mudah mengampuni.

Di tengah dunia yang semakin pahit, mari kita menjadi garam dan terang dengan terus mengasihi, penuh pengorbanan dan pengampunan, dimulai dari keluarga kita sendiri. Tuhan memberkati.

Sumber: Artikel Gereja.
Disarikan dari kotbah Ps. Kong Hee.

But they that wait upon the Lord shall renew their strength; they shall mount up with wings as eagles; they shall run, and not be weary; and they shall walk, and not faint. (Isaiah 40:31)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar