Sabtu, 03 Juli 2010

Masuk Dalam Kerajaan Surga

Matius 18:3 lalu berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.

Saya sedikit tercenung ketika membaca ayat ini. Disini Tuhan Yesus menjelaskan bahwa orang yang tidak masuk ke dalam Kerajaan Sorga adalah orang yang tidak bertobat dan orang yang tidak menjadi seperti anak kecil. Jika perkataan ini kita balikkan maka orang yang masuk kedalam Kerajaan Sorga adalah orang yang bertobat dan menjadi seperti anak kecil. Jadi untuk masuk kedalam Kerajaan Sorga hanya membutuhkan dua hal yaitu bertobat dan menjadi seperti anak kecil. Apakah sesederhana itu? Untuk itu mari kita bahas lebih lanjut.

1. Bertobat.
Bertobat adalah perubahan kehidupan seseorang dari kehidupan yang penuh dengan dosa menjadi kehidupan kudus. Perubahan itu terjadi 180 derajat. Sorga adalah tempat orang-orang kudus jadi tidak akan pernah hal-hal najis dan dosa yang bisa masuk kesana. Jadi orang yang percaya namun tidak bertobat tidak akan masuk kesana. Percaya saja tidak cukup membawa kita masuk kedalam Kerajaan Sorga. Orang yang mengaku percaya kepada Tuhan namun tidak bertobat kepercayaannya itu bisa diragukan. Logikanya begini, jika kita percaya kepada seseorang kita pasti melakukan apa yang orang itu minta. Kenapa kita mau melakukannya? Itu karena kita mempercayainya dan apa yang dimintanya itu adalah hal-hal yang baik dan benar. Demikian pula sebaliknya, orang yang tidak kita percayai pasti kita tidak akan mau melakukan permintaannya. Kenapa? Karena bisa saja dia mau menjerumuskan kita. Jadi bagaimana mungkin ada orang yang mengaku percaya kepada Yesus namun tidak melakukan segala perintahNya? Bukankah kepercayaannya itu perlu di pertanyakan?

2. Menjadi seperti anak kecil.
Mengapa Tuhan kita ingin menjadi seperti anak kecil?. Ada beberapa sifat anak kecil yang sangat Tuhan suka antara lain:

* Pada umumnya anak kecil hanya percaya kepada omongan Papanya, dia sangat jarang mempercayai omongan orang lain. Tuhan ingin kita mempercayainya sepenuhnya. Tuhan tidak ingin kita setengah hati kepadaNya. Tuhan tidak ingin kita mempercayaiNya namun pergi ke tukang ramal atau dukun untuk minta pertolongan.

Yehezkiel 13:18 Katakanlah: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Celakalah dukun-dukun perempuan, yang mengikatkan tali-tali azimat pada semua pergelangan dan mengenakan selubung pada kepala semua orang, tua atau muda, untuk menangkap jiwa orang. Apakah kamu hendak menangkap jiwa orang yang termasuk umat-Ku dan membiarkan orang-orang lain hidup untuk kepentinganmu?

* Pada umumnya anak kecil suka menyanjung-nyanjung papanya kepada teman-temannya. Tuhan ingin kita menceritakan betapa luar biasanya Tuhan itu. Tuhan ingin kita menceritakan kepada orang lain bahwa pertolongan hanya datang dari Tuhan. Tidak ada allah lain yang lebih dahsyat dari ALLAH kita.

Mazmur 75:2 Kami bersyukur kepada-Mu, ya Allah, kami bersyukur, dan orang-orang yang menyerukan nama-Mu menceritakan perbuatan-perbuatan-Mu yang ajaib.

* Pada umumnya anak kecil percaya kepada setiap perkataan dan janji papanya. Anak kecil tidak pernah meragukan janji papanya. Sekali papanya mengucapkan janji akan memberikan sesuatu maka si anak kecil akan menanti janji papanya itu dengan tidak ada sedikitpun keraguan. Dia akan menanti dengan sabar sampai papanya menepati janjinya itu. Si anak akan menanti sambil membayangkan papanya membawa apa yang dijanjikannya itu. Itulah Iman! Tuhan ingin kita melakukan hal yang sama. Tuhan ingin kita memiliki iman pada setiap janjiNya.

Ibrani 11:1 Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

* Pada umumnya anak kecil tidak akan sibuk memikirkan apa yang akan dia makan dan apa yang akan dia pakai karena dia tahu bapanya sudah menyediakan makanan dan pakaian baginya. Tuhanpun ingin kita demikian. Tuhan tidak ingin kita kuatir akan masa depan kita karena Tuhan sudah menyediakan semuanya bagi kita.

Matius 6:31-32 Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai? Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu.

Doa:
Tuhan, sadarkan kami bahwa Kerajaan Sorga telah dekat. Tolong kami agar kami berbalik dari kehidupan lama kami yang penuh dengan dosa dan hidup di dalam pertobatan, dan tolonglah kami untuk dapat menjadi seperti anak kecil dalam kepercayaan kami kepadaMu sehingga kami percaya penuh dan tidak meragukanMu, menanti janjiMu dengan penuh iman kepercayaan, menceritakan perbuatan tanganMu yang ajaib dan kami tidak kuatir akan kehidupan kami karena Allah telah menyediakannya bagi kami. Terimakasih ya Tuhan, dalam nama Yesus kami telah berdoa. Amin

Sumber : renungan kristen

But they that wait upon the Lord shall renew their strength; they shall mount up with wings as eagles; they shall run, and not be weary; and they shall walk, and not faint. (Isaiah 40:31)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar